Revolusi Industri : From 1748 – 2018

Revolusi Industri memiliki konsep yang berkaitan erat dengan perkembangan peradaban manusia dalam melakukan kerja. Dalam hal ini, untuk menghasilkan produksi yang efisien, maka dibutuhkan peralatan kerja yang efisien pula. Seiring berjalannya waktu, revolusi industri terus berkembangan.

Revolusi Industri 1.0 (1750 – 1850)

Revolusi Industri 1.0 terjadi pada sekitat abad 18. Pada saat itu terjadi perubahan dalam skala besar pada bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi. Perlatan kerja yang awalnya bergantung pada manusia dan hewan, akhirnya digantikan oleh mesin. Salah satu mesin yang lahir pada masa revolusi industri 1.0 adalah mesin yang menggunakan tenaga air dan uap. Dampak dari revolusi industri ini mencatat peningkatan pendapatan perkapita di banyak negara di dunia.

Revolusi Industri 2.0 (1870 – 1914)

Umumnya dimulai pada tahun 1870 hingga 1914, revolusi industri 2.0 sering juga disebut sebagai revolusi teknologi. Yang menjadi karakteristik utama dari revolusi industry 2.0 adalah munculnya pembangkit listrik dan motor pembakaran dalam. Kemunculan ini pula yang menjadi cikal bakal bakal pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dan masih banyak lagi.

Revolusi Industri 3.0 (1970)

Kemunculan perdana revolusi industri 3.0 terjadi pada awal tahun 1970. Diawali dengan penggunaaan elektronik dan teknologi informasi untuk otomatisasi produksi. Di era ini, manusia sudah mengenal komputer dan internet, segala aktivitasi produksi sudah difasilitasi oleh komputer. Hal ini jelas berdampak pada biaya produksi yang lebih murah. Selain itu, revolusi ini juga berdampak pada pola komunikasi manusia pada saat itu yang serba digital.

Revolusi Industri 4.0 (Saat Ini)

Saat ini, industri memasuki masa dimana segala sesuatu serba virtual dan dapat kita akses dimana saja. Sebut saja konektivitas manusia, mesin dan data (Internet of Things). Selain itu, revolusi industri ini juga didukung dengan munculnya supercomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan kita untuk mengoptimalkan fungsi otak.

Dilihat dari perkembangannya, dari awal munculnya mesin uap hingga saat ini yang bertebaran banyak robot pintar. Dapat kita simpulkan dari perkembangan ini bahwa yang menjadi dasar dari revolusi ini adalah keinginan manusia untuk terus mempermudah kerja.

Source :

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1040470-4-tahap-revolusi-industri-sampai-ke-era-4-0

https://ivoox.id/revolusi-industri-dari-1-0-hingga-4-0/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *