HMIK Kunjungan Industri – Kantor Pusat Pertamina

Jakarta – Kamis, 15 November 2018 Prodi Ilmu Komputer Universitas Pertamina mengadakan kunjungan industri ke kantor Pusat Pertamina tepatnya di Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat. Melalui Departemen Advokasi & Hubungan Luar, acara tahunan prodi ilmu komputer ini bertujuan agar rekan – rekan prodi Ilmu Komputer dapat mengetahui keadaan dan lingkungan di dunia kerja itu seperti apa. Acara  yang dihadiri oleh seluruh angkatan mahasiswa Ilmu Komputer ini berlangsung dari pukul 13.00 – 16.00. 

Acara berlangsung di HALL kantor Pusat Pertamina, penceramah materi disampaikan oleh bu Hayati Fajriyati dari CICT (Corporate Information and Comunication Technology), beliau merupakan salah satu karyawan yang telah bekerja selama 15 tahun di Pertamina. Tentunya banyak pengalaman dan informasi yang dibagikan kepada rekan – rekan semua.

Pertama – tama beliau membuka presentasi dengan menjelaskan profil bisnis Pertamina Energi agar kita mengetahui terlebih dahulu seperti apa proses bisnisnya, mulai dari HULU, MID, sampai ke HILIR. Terdapat 2 ruang lingkup bisnis di pertamina yaitu, Upstream dan Downstream yang masing – masing memiliki peran dalam core business dan non-core business.

CICT –  Corporate Information and Comunication Technology

CICT memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi, nilai tambah, dan daya saing bisnis sehingga menjadi fondasi yang kuat bagi terbentuknya world class company melalui information – driven corporation, sekaligus dalam Visi CICT ini untuk menjadi penyedia layanan TIK berkelas dunia pada industri energi.

Pada awalnya CICT, hanya menjadi Business Support dalam perusahaan seperti menjadi pendukung dalam memberikan fasilitas IT, dan masih bekerja secara reaktif selama bertahun – tahun yang mungkin menjadi penghambat dalam perkembangan IT perusahaan pada saat itu. Kemudian beralih ke Business Enabler dimana keadaannya bagian CICT ini sudah mulai memberikan masukan ke bagian manajemen perusahaan untuk memberikan solusi terkait suatu permasalahan melalui pendekatan IT sehingga dapat meminimalkan cost yang digunakan, serta lebih efektif dan efisien. Setelah itu, CICT memiliki goals kedepannya untuk menjadi Strategic Partner agar peran IT ini dapat memberikan value untuk perusahaan dan menghasilkan nilai investasi bagi perusahaan. CICT di pertamina pada saat ini masih berada dibawah divisi keuangan, dan ketika tujuan Strategic Partner tercapai diharapkan dapat dibentuk divisi IT.

CICT –  Peran CICT di perusahaan

1. IT SOLUTION

Menyediakan layanan tersentralisasi bagi pengembangan dan pembuatan aplikasi TI non-engineering dan pengembangannya bagi seluruh organisasi, baik aplikasi enterprise maupun non-enterprise. Pada fungsi ini rekan – rekan yang suka sekali ngoding mungkin kedepannya dapat menjadi bagian dari IT SOLUTION di CICT, karena memang kerja sehari – harinya ngoding.

2. IT OPERATION

Menyediakan layanan dukungan inrastruktur secara terdesentralisasi bagi seluruh organisasi.

3. Shared Processing Center

  • Menjadi provider untuk transaksi – transaksi SAP yang bervolume tinggi dengan fokus utama pada kepatuhan.
  • Menjamin keputusan terhadap SLA yang telah disepakati serta manajemen mutu
  • Memelihara master data korporat
  • Menyediakan fungsi administrative dan data kelola (governance) untuk CICT.

Pada fungsi ini salah satu perannya adalah untuk membatu agar laporan keuangan dapat se – feasible mungkin dengan menggunakan pendekatan IT karena dilihat dari bagusnya laporan keuangan dapat mementukan perusahaan itu bagus atau tidak.

Jadi, dari apa yang telah disampaikan oleh bu Hayati, seluruh mahasiswa prodi Ilmu Komputer mendapatkan wawasan baru tentang dunia kerja seperti apa dan peran IT di perusahaan Pertamina itu seperti apa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *